Afandi, Andra Rosita (2023) Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kesiapan Belajar pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember Pasca Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (827kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (272kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (324kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text
J. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (944kB) |
Abstract
Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kesiapan Belajar pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember Pasca Pandemi Covid-19 Andra Rosita Afandi1, Iin Ervina2, Anggraeni Swastika Sari3 andrarosita030@gmail.com Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Jember INTISARI Kesiapan untuk belajar ialah keseluruhan dari kesiapan seseorang untuk bereaksi atau menanggapi situasi dengan cara tertentu, menurut Slameto (Harmini, 2017). Agar mahasiswa memiliki kesiapan belajar yang optimal maka diperlukan adanya efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kesiapan belajar pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember pasca pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11.200 mahasiswa dengan jumlah sampel 336 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan menggunakan NIM mahasiswa. Skala yang digunakan yaitu skala efikasi diri yang diadaptasi dari penelitian Siti Sundari (2022) dan skala kesiapan belajar diadaptasi dari penelitian (L. K. Sari, 2020). Hasil uji validitas Skala Efikasi Diri terdapat 37 item valid dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.947 dan hasil uji validitas Skala Kesiapan Belajar terdapat 30 item dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.918. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif signifikan antara variabel efikasi diri (X) dengan variabel kesiapan belajar (Y) sebesar ( r = 0. 759 ; p < 0.05). Kata kunci: Efikasi diri, Kesiapan Belajar, Mahasiswa 1. Peneleiti 2. Dosen Pembimbing 1 3. Dosen Pembimbing 2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi diri, Kesiapan Belajar, Mahasiswa | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology 100 Philosophy > 150 Psychology > 159 Unassigned |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Andra Rosita Afandi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | andrarosita030@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:06 | |||||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:06 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16782 |
Actions (login required)
View Item |