Mahdiatuz Zahro, Yasintha (2023) Analisis Berpikir Logis Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Berdasarkan Tipe Kepribadian Keirsey. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (406kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (218kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir logis siswa SMP pada pokok bahasan aritmatika sosial berdasarkan tipe kepribadian Keirsey. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu angket tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), tes berpikir logis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A, VII B dan VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa yaitu 2 siswa kepribadian Keirsey guardian, 2 siswa kepribadian Keirsey artisan, 2 siswa kepribadian Keirsey idealist dan 2 siswa kepribadian Keirsey rational. Berdasarkan hasil penelitian kemudian dianalis berpikir logis siswa ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey yang termuat dalam 3 indikator yaitu indikator pertama mengenai keruntutan berpikir meliputi menyebutkan keseluruhan informasi yang disajikan dalam soal yang dapat dipenuhi oleh artisan 1 dan rational 1, serta menyebutkan langkah secara umum yang digunakan untuk penyelesaian yang dapat dipenuhi semua subjek penelitian. Indikator kedua adalah kemampuan berargumen yang meliputi mengungkapkan alasan logis menggunakan langkah secara umum yang digunakan untuk penyelesaian dalam hal ini tidak mampu dipenuhi subjek penelitian, dapat menyelesaikan secara tepat disertai argumen dalam tiap langkah-langkahnya yang dapat dipenuhi oleh empat tipe kepribadian tersebut dan mengungkapkan alasan logis diperolehnya jawaban akhir yang tepat yang tidak dapat dipenuhi semua subjek. Indikator ketiga adalah penarikan kesimpulan yang meliputi dapat memberikan kesimpulan yang tepat terhadap jawaban akhir yang tepat yang dapat dipenuhi empat tipe kepribadian tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir logis Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Berdasarkan Tipe Kepribadian Keirsey | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Yasintha Mahdiatuz Zahro | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | yasinthamzahro19@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:25 | |||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16850 |
Actions (login required)
View Item |