Penerapan Teknik Mind Mapping Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Siswa Kelas X A Ma Ma’arif Ambulu Pada Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Ajaran 2015/2016)

Kurniawati, Desi (2016) Penerapan Teknik Mind Mapping Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Siswa Kelas X A Ma Ma’arif Ambulu Pada Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Ajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
1 HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (232kB)
[img] Text
14 ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)

Abstract

MA Ma’arif Ambulu merupakan salah satu sekolah swasta yang telah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Masalah yang dihadapi hasil belajar siswa masih 45%, belum mencapai KKM yaitu 70%. Hal ini karena beberapa hal: guru belum menggunakan model dan metode yang menarik dan bervariasi dan guru kurang memanfaatkan laboratorium sebagai sarana pembelajaran biologi, sehingga siswa hanya diperintahkan mengerjakan soal-soal, padahal pada kurikulum KTSP guru di sekolah harus memiliki katagori mandiri yang dituntut profesionalisme yang tinggi. Guru cenderung lebih dominan dari pada siswa, sehingga siswa tidak dapat berimajinasi dan berkreasi dalam pembelajaran. Adanya kombinasi pembelajaran aktif Lesson Study disertai dengan teknik Mind Mapping diharapkan dapat memberikan keterlibatan selama pembelajaran dengan situasi yang menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dalamnya terdiri dari 2 siklus dan terdapat 4 tahap meliputi : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 72% dan pada siklus II mencapai 88%, peningkatan sebesar 16%. Ranah afektif siklus I mencapai 60,72% dan siklus II mencapai 84,36%, peningkatan sebesar 23,64%. Ranah psikomotorik siklus I mencapai 70,66% dan siklus II mencapai 86%, peningkatan sebesar 14,34%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik mind mapping melalui lesson study study dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dari 3 ranah yang ditetapkan yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mind Map, Lesson Study, Hasil Belajar, MA Ma’arif Ambulu, Kelas X
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKomarayanti, SawitriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDEurika, NovyUNSPECIFIED
Date Deposited: 03 May 2019 02:01
Last Modified: 29 Oct 2019 06:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item