Penerapan Model Gi dipadu Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Septy Wulandari, Dwi (2016) Penerapan Model Gi dipadu Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation dipadu dengan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data dengan alat ukur tes hasil belajar pada materi arthropoda, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Pada siklus I ranah kognitif diperoleh nilai ketuntasan sebesar 72,5%, pada ranah afektif sebesar 74,44% dan pada ranah psikomotor sebesar 76%. Kemudian pada pembelajaran siklus II pada ranah kognitif mengalami peningkatan menjadi 87,5%, pada ranah afektif mengalami peningkatan menjadi 77,77%, dan pada ranah psikomotor mengalami peningkatan menjadi 79%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Group Investigation dipadu Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Dwi Septy Wulandari (1210211066)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Mind Mapping, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:11
Last Modified: 03 May 2019 02:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item