Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Nolthing dengan Tipe Berpikir Semikonseptual Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Persegi Panjang

Frahnadya, Ulul Iftha (2023) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Nolthing dengan Tipe Berpikir Semikonseptual Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Persegi Panjang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan tipe berpikir semikonseptual dalam memecahkan masalah matematika pada materi persegi panjang. Hasil observasi pada tanggal 5 Desember 2022 kelas VII E SMP Negeri 7 Jember, Kabupaten Jember. lokasi tersebut terdapat siswa yang mengalami kesalahan berdasarkan teori nolthing dengan tipe berpikir semikonseptual. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan membaca petunjuk, kesalahan penerapan dan kesalahan penentuan jawaban akhir. Dengan demikian, peneliti melakukan analisis untuk mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan teori nolthing dengan tipe berpikir semikonseptual di SMP Negeri 7 Jember kelas VII E. Masalah penelitian adalah bagaimana kesalahan siswa SMP kelas VII E dalam berpikir semikonseptual untuk memecahkan masalah matematika pada materi persegi panjang berdasarkan teori nolthing. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kesalahan siswa dengan tipe bepikir semikonseptual dalam memecahkan masalah matematika pada materi persegi panjang. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa dengan jumlah 2 soal persegi panjang. Subjek yang terpilih adalah siswa yang mengalami kesalahan berdasarkan teori nolthing dengan tipe berpikir semikonseptual. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2023 di SMP Negeri 7 Jember, tepatnya kelas VII E. pengumpulan data berupa tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kesalahan membaca petunjuk meliputi tidak menuliskan diketahui dan ditanya pada soal. Kesalahan penerapan meliputi mengetahui rumus tetapi langkah penyelesaiannya kurang tepat. Kesalahan penentuan jawaban akhir meliputi menuliskan kesimpulan namun jawaban yang dihasilkan salah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, Teori Nolthing, Berpikir Semikonseptual
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Ulul Iftha Frahnadya
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:25
Last Modified: 07 Jun 2023 06:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17163

Actions (login required)

View Item View Item