Pembelajaran Talking Stick dipadu dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa

Restiana, Ika (2016) Pembelajaran Talking Stick dipadu dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Talking Stick dipadu dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 9 Watukebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan; satu pertemuan untuk tindakan dan satu pertemuan untuk tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 9 Watukebo yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I pada ranah kognitif (72,50%), ranah afektif (77,12%), ranah psikomotor (78,62%). Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada ranah kognitif (85%), ranah afektif (92,62%), dan ranah psikomotor (91,49%).

Item Type: Article
Additional Information: Ika Restiana
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Eksperimen, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:16
Last Modified: 03 May 2019 02:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item