Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Gqga Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Kelas X Ipa 2 Sma Muhammadiyah 3 Jember Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Pelajaran 2015/2016)

Rohmah, Kholifatur (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Gqga Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Kelas X Ipa 2 Sma Muhammadiyah 3 Jember Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Jurnal Pdf.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
0. Matrik Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
1. silabus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

Faktanya dikelas X IPA 2 SMA 3 Muhammadiyah 3 Jember menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah akibatnya tujuan pembelajaran biologi yang tercantum dalam kurikulum belum sepenuhnya tercapai. Presentase ketuntasan ulangan akhir yang didapatkan dari studi dokumentasi hanya mencapai 63,8% yang berarti belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Strategi pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 (SMA Muhammadiyah 3 Jember pokok bahasan ekosistem). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember di kelas X IPA 2 yang dilaksanakan pada tanggal 2 April - 27 April 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada keaktifan siswa dan hasil belajar baik kognitif, afektif maupun psikomotor mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Giving Questions and Gettinng Answer dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kelas X IPA 2 (SMA Muhammadiyah 3 Jember Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Pelajaran 2015/2016).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Keaktifam, Strategi pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHerrianto, ElfienUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDEurika, NovyUNSPECIFIED
Date Deposited: 03 May 2019 02:19
Last Modified: 30 Oct 2019 01:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item