Meningkatkan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Pbl dan Media Mind Map



Arista Rahayu, May (2016) Meningkatkan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Pbl dan Media Mind Map. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of artikel skripsi.pdf]
Preview
Text
artikel skripsi.pdf

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 0. pendahuluan cover.pdf] Text
0. pendahuluan cover.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of ABSTRAK NEW.pdf] Text
ABSTRAK NEW.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 0.  DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
0. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[thumbnail of bab III.pdf] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of 1.matriks penelitianku revisi.pdf] Text
1.matriks penelitianku revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar di sekolah merupakan usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Media mind map merupakan suatu media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan daya hafal siswa dan pemahaman konsep siswa yang kuat dan meningkat daya kreatifitasnya. Pembelajaran berbasis masalah melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran aktif dan kolaboratif, serta berpusat kepada peserta didik, sehingga mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah secara mandiri. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara garis besar terdapat empat tahapan yang lazim dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan klasikal ranah kognitif siklus I mencapai 71,4% dan siklus II 82,1% dengan peningkatan sebesar 10,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind map pada pembelajaran gerak tumbuhan dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar (Siswa Kelas VIII C SMPN 02 Tempeh-Lumajang).

[error in script]

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Mind Map, Model PBL dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 03 May 2019 02:21
Last Modified: 23 Oct 2023 07:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item