Meningkatkan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Pbl dan Media Mind Map

Arista Rahayu, May (2016) Meningkatkan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Pbl dan Media Mind Map. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
artikel skripsi.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar di sekolah merupakan usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Media mind map merupakan suatu media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan daya hafal siswa dan pemahaman konsep siswa yang kuat dan meningkat daya kreatifitasnya. Pembelajaran berbasis masalah melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran aktif dan kolaboratif, serta berpusat kepada peserta didik, sehingga mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah secara mandiri. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara garis besar terdapat empat tahapan yang lazim dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan klasikal ranah kognitif siklus I mencapai 71,4% dan siklus II 82,1% dengan peningkatan sebesar 10,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind map pada pembelajaran gerak tumbuhan dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar (Siswa Kelas VIII C SMPN 02 Tempeh-Lumajang).

Item Type: Article
Additional Information: May Arista Rahayu (1210211022)
Uncontrolled Keywords: Mind Map, Model PBL dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:21
Last Modified: 03 May 2019 02:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item