Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Ipa Melalui Peta Konsep (pada Sub Pokok Bahasan Pencemaran Air pada Siswa Kelas Vii C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Tahun Pelajaran 2015/2016)

Risqi Andani, Melia (2016) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Ipa Melalui Peta Konsep (pada Sub Pokok Bahasan Pencemaran Air pada Siswa Kelas Vii C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Artikel Pdf.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
0 cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
1 MATRIKQW fix MEY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
2 Silabus Pembelajaran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan akan diperoleh perubahan-perubahan positif terhadap tingkah laku seseorang yang mengarah kepada kedewasaan, dan akhirnya akan diperoleh sumber daya manusia berkualitas. Pendidikan di sekolah diupayakan untuk menghasilkan output anak didik berkualitas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo tepatnya kelas VII Cyang dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2016 – 25 Mei 2016.Jenispenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data di dapat melalui 4 cara: (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi, (4) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klsikal ranah afektif minat siswa pada siklus I mencapai 78% dan pada siklus II menjadi 89% pada ranah ini terdapat tiga aspek yang dinilai yaitu (1) rasa ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA (2) kesungguhan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA (3) perhatian/tanggapan siswa selama proses pembelajaran. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 70% dan pada siklus II menjadi 89,66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Peta Konsep, Minat dan Hasil belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:26
Last Modified: 30 Oct 2019 01:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item