PENGARUH BEBAN KERJA, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA SENYUM MEDIA STATIONERY JEMBER

Mahfudoh, Asrorul (2023) PENGARUH BEBAN KERJA, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA SENYUM MEDIA STATIONERY JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan Skripsi Asrorul.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Asrorul.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB 1 skripsi asrorul.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 2 Skripsi Asrorul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Skripsi Asrorul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Skripsi Asrorul .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Skripsi Asrorul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Asrorul.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi Asrorul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_ASRORUL (067).pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel beban kerjan (X1), stres kerja (X2) dan lingkungan kerja (X3) terhadap turnover intention karyawan (Y) pada Senyum Media Stationery Jember. Senyum Media Stationery adalah salah satu bisnis ritel yang berada dijember dengan menjual alat tulis kantor (ATK) yang sudah dikenal orang dari berbagai kalangan masyarakat serta memiliki peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten sehingga dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan. Tingginya tingkat turnover intention akan menjadi masalah yang serius bagi perusahaan, maka hal ini dapat disebabkan oleh beberapa variabel yaitu antara lain beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan Senyum Media Stationery yang berjumlah 150 karyawan dan sampel yang diambil sebanyak 109 karyawan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (uji R2). Hasil pengujian hipotesis pertama (H1) bahwa variabel beban kerja (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap turnover intention karyawan, berdasarkan hasil dari uji t diperoleh thitung (9,391) > ttabel (1,659) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hipotesis kedua (H2) bahwa variabel stres kerja (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap turnover intention karyawan, berdasarkan hasil dari uji t diperoleh thitung (2,792) > ttabel (1,659) dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Hipotesis kedua (H3) bahwa variabel Lingkungan kerja (X3) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap turnover intention karyawan, berdasarkan hasil dari uji t diperoleh thitung (1,030) < ttabel (1,659) dengan nilai signifikansi 0,305 > 0,05. Berdasarkan hasil nilai Adjusted R Square diperoleh hasil sebesar 0,755 atau 75,5%, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja terhadap turnover intention karyawan sebesar 75,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Stres Kerja, Lingkungan Kerja, Turnover Intention Karyawan.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Asrorul Mahfudoh
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:15
Last Modified: 14 Jul 2023 07:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17737

Actions (login required)

View Item View Item