Pengembangan Modul Sebagai Bahan Ajar Materi Sistem Pencernaan di Ma Darul Ulum Banyu Anyar Kabupaten Pamekasan Madura

Frahatun, Siti (2016) Pengembangan Modul Sebagai Bahan Ajar Materi Sistem Pencernaan di Ma Darul Ulum Banyu Anyar Kabupaten Pamekasan Madura. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang di susun secara sistematis dan menarik, mencakup isi materi, metode, evaluasi dan dapat digunakan secara mandiri. sekolah menengah ke atas (MA Darul Ulum Banyu Anyar) dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku pedoman dari pemerintah dan bahan ajar tambahan yaitu LKS dari penerbit, tetapi menurut narasumber sebenarnya dua bahan ajar tersebut masih kurang maksimal dalam proses pembelajaran dan butuh tambahan bahan ajar lagi. Kebanyakan siswa masih bosan dengan isi dari buku-buku yang ada tersebut yang kebanyakan masih kurang menarik, sehingga hal tersebut menyebabkan kurangnya minat siswa untuk belajar aktif. Untuk meningkatkan minat belajar siswa, guru perlu melakukan langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan menggunakan bahan ajar yang lebih menarik contohnya modul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan, kevalidan dan kelayakan hasil pengembangan modul sebagai bahan ajar materi sistem pencernaan di MA Darul Ulum Banyuanyar kabupaten pamekasan madura, adapun jenis penelitian yaitu jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan. Prosedur penelitian pengembangan modul ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) pendefinisian (2) perancangan dan (3) pengembangan. Bahan ajar modul sudah di validasi oleh 3 ahli yaitu 2 Dosen Universitas Muhammadiyah Jember dan1 Guru MA Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan Madura sebagai calon pengguna. Uji keterbacaan melibatkan 12 siswa kelas XI. Hasil skor validasi yang diperoleh dari ahli materi diperoleh nilai 96 dengan kriteria valid, skor validasi yang diperoleh dari ahli media diperoleh nilai 82 dengan kriteria valid, dan skor validasi yang diperoleh dari ahli bahasa diperoleh nilai 94. Tahap selanjutnya yaitu tahap uji keterbacaan. Berdasarkan hasil angket yang diperoleh dari 12 siswa sebagai subyek uji coba diperoleh rata-rata 99 dengan kriteria sangat valid. Dari hasil data validasi ahli dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah bisa dikatakan valid dan sudah bisa dijadikan bahan ajar mandiri siswa. Saran untuk pengembagan lebih lanjut jika ingin mengembangkan modul sebaiknya modul tersebut dikemas semenarik mungkin agar siswa lebih tertarik untuk menggunakannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Sistem Pencernaan
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 16 May 2019 01:52
Last Modified: 29 Oct 2019 03:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item