Penerapan Metode Demonstrasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan

Styawan, Yusril (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (549kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Wuluhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Arikunto, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Wuluhan. Hal ini berdasarkan peningkatan nilai hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan diperkuat oleh siklus II. Hasil belajar siswa pada pra siklus diperoleh rata-rata persentase keberhasilan siswa yaitu 55,55% dan pada siklus I diperoleh rata-rata persentase keberhasilan siswa sebesar 77,77% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata keberhasilan siswa sebesar 88,88%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.7 Protection and Propagation of Islam > 297.77 Islamic Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Yusril Styawan
Date Deposited: 18 Jul 2023 05:58
Last Modified: 18 Jul 2023 05:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item