Styawan, Yusril (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (622kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (549kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Wuluhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Arikunto, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Wuluhan. Hal ini berdasarkan peningkatan nilai hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan diperkuat oleh siklus II. Hasil belajar siswa pada pra siklus diperoleh rata-rata persentase keberhasilan siswa yaitu 55,55% dan pada siklus I diperoleh rata-rata persentase keberhasilan siswa sebesar 77,77% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata keberhasilan siswa sebesar 88,88%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.7 Protection and Propagation of Islam > 297.77 Islamic Religious Education | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Yusril Styawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | yusrilstyawan00@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 05:58 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2023 05:58 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17854 |
Actions (login required)
View Item |