Penerapan Teknik Mind Map Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii B SMP Plus Sunan Drajat Ajung Jember ( Pokok Bahasan Ekosistem)

Hasanah, Siti (2016) Penerapan Teknik Mind Map Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii B SMP Plus Sunan Drajat Ajung Jember ( Pokok Bahasan Ekosistem). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (446kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
lampiran 1 matriks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Motivasi belajar sangat penting bagi perkembangan siswa. Hasil observasi yang dilakukan bahwa motivasi siswa dalam proses pembelajaran masih relatife rendah. Penyebab rendahnya motivasi siswa adalah rasa bosan karena kurang fariatifnya proses pembelajaran di kelas. Hasil belajar belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu ≥ 70. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan: “Bagaimana Penerapan Teknik Mind Map Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Ekosistem Siswa kelas VII B SMP Plus Sunan Drajat Ajung Jenber. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan teknik mind map sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi pada pokok bahasan Ekosistem siswa kelas VII-B SMP Plus Sunan Drajat Ajung Jember. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 26 mei 2016 - tanggal 01 juni 2016 di kelas VII-B. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus, tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Metode pengumpulan data di dapat melalui 3 cara : observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi dan hasil belajar baik kognitif, afektif dan psikomotor mengalami peningatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan teknik mind map dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-B SMP Plus Sunan Drajat Ajung Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mind Map,Motivasi, Hasil Belajar Biologi,Ekosistem.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKomarayanti, SawitriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAkhmadi, Arief NoorUNSPECIFIED
Date Deposited: 16 May 2019 01:53
Last Modified: 29 Oct 2019 04:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item