Penerapan Talking Stick dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar (Kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo, Jember Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Ajaran 2015/2016)

Nikmah Hidayatul Fitri, Siti (2016) Penerapan Talking Stick dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar (Kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo, Jember Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Ajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Jurnal Pdf.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
2 halaman judul.pdf

Download (13kB)
[img] Text
14 ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I(1).pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
BAB VI(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo menunjukkan bahwa kurangnya kemampuan kognitif siswa terhadap mata pelajaran IPA, siswa kurang berlatih berbicara dan mengemukakan pendapat, guru juga masih lebih sering menggunakan metode ceramah kurang adanya variatif dan inovatif pembelajaran lain. Presentase ketuntasan ulangan akhir yang didapatkan dari studi dokumentasi hanya mencapai 45% yang berarti belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Metode Diskusi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok bahasan ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo di kelas VII C yang dilaksanakan pada tanggal 19 Mei - 27 Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada keaktifan siswa dan hasil belajar baik kognitif, afektif maupun psikomotor mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Metode Diskusi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok bahasan ekosistem (Kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Tahun Ajaran 2015/2016).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Keaktifam, Talking Stick, Metode Diskusi.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHerrianto, ElfienUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDEurika, NovyUNSPECIFIED
Date Deposited: 16 May 2019 01:57
Last Modified: 29 Oct 2019 06:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item