Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar

Arditiya Wulandari, Vinanda (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
0. Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
KERTAS LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas VII A di MTs Nurul Ihsan Tempeh, hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi menyatakan hasil belajar siswa belum optimal. Hal ini disebabkan kurang menariknya pembelajaran sehingga berdampak kurangnya keinginan siswa mengikuti pembelajaran dengan baik. Kenyataannya kegiatan pembelajaran diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal materi. Masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan pola Control Group Pre test-Post test Design terdiri satu variabel bebas yaitu PBL berbasis praktikum dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL berbasis praktikum dan model pembelajaran konvensional memiliki perbedaan yang tidak begitu signifikan. Hal ini dilihat dari hasil posttest siswa yang diuji menggunakan uji independent t, tes diperoleh sig = 0,065 dan α = 0,05. Karena sig < α maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar kelas eksperimen dan terdapat perbedaan hasil belajar. Saran dari penelitian adalah guru diharapkan sering melatih siswa berdiskusi dan praktikum, sehingga siswa terbiasa berinteraksi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKomarayanti, Sawitrinidn8802183
UNSPECIFIEDHapsari, Ari Indriananidn1503626
Date Deposited: 16 May 2019 02:01
Last Modified: 29 Oct 2019 02:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item