Arditiya Wulandari, Vinanda (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
0. Cover.pdf Download (68kB) |
||
Text
Abstraksi.pdf Download (217kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (97kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
Text
KERTAS LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA siswa kelas VII A di MTs Nurul Ihsan Tempeh, hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi menyatakan hasil belajar siswa belum optimal. Hal ini disebabkan kurang menariknya pembelajaran sehingga berdampak kurangnya keinginan siswa mengikuti pembelajaran dengan baik. Kenyataannya kegiatan pembelajaran diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal materi. Masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan pola Control Group Pre test-Post test Design terdiri satu variabel bebas yaitu PBL berbasis praktikum dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL berbasis praktikum dan model pembelajaran konvensional memiliki perbedaan yang tidak begitu signifikan. Hal ini dilihat dari hasil posttest siswa yang diuji menggunakan uji independent t, tes diperoleh sig = 0,065 dan α = 0,05. Karena sig < α maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar kelas eksperimen dan terdapat perbedaan hasil belajar. Saran dari penelitian adalah guru diharapkan sering melatih siswa berdiskusi dan praktikum, sehingga siswa terbiasa berinteraksi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 16 May 2019 02:01 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2019 02:21 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
View Item |