Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Penguatan Toleransi Beragama Anak Usia Dini di TK X Kabupaten Jember

Husnah, Ifrohatul (2023) Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Penguatan Toleransi Beragama Anak Usia Dini di TK X Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan multikultural adalah sebuah proses untuk menanamkan sikap saling menghormati dan menghargai keberagaman di tengah-tengah masyarakat plural. Melihat fakta bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat heterogen akan keberagaman baik suku, agama, bahasa, dan budaya lainnya, maka pendidikan multikultural sangat tepat apabila diterapkan di Indonesia. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pendidikan multikultural dalam penguatan toleransi beragama anak usia dini, dengan fokus penelitian pada aspek perencanaan dan pelaksanaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural dalam penguatan toleransi beragama anak usia dini di salah satu TK di Kabupaten Jember yang memiliki karakteristik peserta didik multiagama. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan di lembaga dan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa data perencanaan dan pelaksanaan pendidikan multikultural. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa perencanaan pendidikan multikultural di TK X pada dasarnya terintegrasi dengan kurikulum, baik yang termuat dalam visi misi dan tujuan, kalender akademik, prota, prosem, sampai perencanaan pembelajaran harian. Sedangkan pelaksanaan pendidikan multikultural di TK X secara garis besar terbagi ke dalam beberapa kegiatan diantaranya kegiatan rutin pembelajaran harian, kegiatan khusus bernama satu saudara, dan kegiatan insidentil keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural, Toleransi beragama, Anak usia dini
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ifrohatul Husnah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorWardhani, Wahju Dyah LaksmiNIDN0706046703
Thesis advisorAdwitiya, Asti BhawikaNIDN0725049301
Contact Email Address: husnaioxx31@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:45
Last Modified: 27 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18210

Actions (login required)

View Item View Item