Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Menggunakan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Anggraeni, Miswati (2017) Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Menggunakan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 1 Jember melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pemahaman konsep siswa diukur menggunakan metode test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dari 36% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 1 Jember pada pokok bahasan saling ketergantungan ekosistem.

Item Type: Article
Additional Information: MISWATI ANGGRAENI (1310211037)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Mind Mapping, Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:15
Last Modified: 19 Jun 2019 06:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item