Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter anak di PAUD Yasmin Kabupaten Jember

Aumar, Suyanee (2023) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter anak di PAUD Yasmin Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (849kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (790kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (866kB) | Request a copy

Abstract

Aumar, Suyanee. 2017. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Anak di PAUD Yasmin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Jember.Pembibing: (1) Dra. Tri Endang Jatmikowati, M.Si. (2) Angraeny Unedia Rachman, S.H.M.Pd. Kata kunci : Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini. Pendidikan karakter adalah suatu system pendidikan dengan penanaman nilai-nilai sesuai dengan pembentukan sikap dan tingkah laku anak, agar menjadi anak yang baik dan bermoral. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah 1) Bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter religiositas untuk anak di PAUD Yasmin 2) Bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter nasionalisme untuk anak di PAUD Yasmin 3) Bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter kemandirian untuk anak di PAUD Yasmin 4) Bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter gotong royong untuk anak di PAUD Yasmin 5) Bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter integritas untuk anak di PAUD Yasmin. Penelitian berujuan untuk 1) Mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter religiositas untuk anak di PAUD Yasmin 2) Mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter nasionalisme untuk anak di PAUD Yasmin 3) Mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter kemandirian untuk anak di PAUD Yasmin 4) Mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter gotong royong untuk anak di PAUD Yasmin 5) Mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter integritas untuk anak di PAUD Yasmin. Jenis Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil Penelitian tentang penerapan nilai pendidikan karakter untuk anak usia dini yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran diantaranya menggunakan media gambar, video dan dongeng. Berdasarkan hasil penelitian diketemui bahwa implementasi nilai pendidikan karakter religiositas di PAUD Yasmin adalah melkukan ajaran agama Islam dengan menghafal surat pendek, kegiatan sholat dhuha, mengaji Al-Quran; implementasi nilai pendidikan karakter nasionalisme di PAUD Yasmin adalah kegiatan mernyanyi lagu Indonesia raya, mendongeng tari-tarian, menghafakan pancasila; implementasi nilai pendidikan karakter kemandirian di PAUD Yasmin adalah peserta didik bisa makan sendiri, bisa bermain di lapangan out door, pesertadidik permainan tebak gambar kegiatan-kegiatan diharapkan mampu melatik kemandirian, peserta didik diskusi melatih sikap mandiri menyelesaikan masalah; implementasi nilai pendidikan karakter gotong royong di PAUD Yasmin adalah peserta didik tolong menolong sesame teman, peserta didik mengucapkan dengan sopan satun; implementasi nilai pendidikan karakter integritas di PAUD Yasminadalah melalui pembiasaan menanangkan nilai kejujuran, keterbukaan, kebebasan sesuai dengan keinginan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Suyanee Aumar
Date Deposited: 29 Jul 2023 01:53
Last Modified: 29 Jul 2023 01:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18447

Actions (login required)

View Item View Item