Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Bepikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika



Rohaumah, Cicik (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Bepikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of pendahuluan.pdf] Text
pendahuluan.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena pelajaran matematika sering dipandang sulit oleh siswa dan bahkan kurang diminati oleh siswa dan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuanberpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika? Dan bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuanberpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara purposis sampling, sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman obsevasi
Hipotesis pada hasil tes baik pretest maupun postest kelas kontrol diperoleh Fhitung (0,12) < Ftabel (12,95), sedangkan pada kelas eksperimen Fhitung (28,85) > Ftabel (3,01). Dari hasil observasi aktivitas berpikir kritis nilai kelas kontrol diperoleh 53,52% masuk dalam kategori kurang, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata diperoleh 62,04% masuk dalam kategori cukup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.

[error in script]

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pengaruh Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika, Discovery Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 22 May 2019 02:32
Last Modified: 25 Sep 2019 13:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1858

Actions (login required)

View Item View Item