Rohaumah, Cicik (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Bepikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
pendahuluan.pdf Download (259kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (29kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena pelajaran matematika sering dipandang sulit oleh siswa dan bahkan kurang diminati oleh siswa dan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuanberpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika? Dan bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuanberpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara purposis sampling, sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman obsevasi Hipotesis pada hasil tes baik pretest maupun postest kelas kontrol diperoleh Fhitung (0,12) < Ftabel (12,95), sedangkan pada kelas eksperimen Fhitung (28,85) > Ftabel (3,01). Dari hasil observasi aktivitas berpikir kritis nilai kelas kontrol diperoleh 53,52% masuk dalam kategori kurang, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata diperoleh 62,04% masuk dalam kategori cukup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika, Discovery Learning |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 22 May 2019 02:32 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 13:52 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1858 |
Actions (login required)
View Item |