Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Reciprocal Teaching pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok di SMP Negeri 2 Bondowoso

Arifin, Faisal (2017) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Reciprocal Teaching pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok di SMP Negeri 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena adanya dominasi guru sebagai akibat dari metode ceramah, kurangnya pengetahuan guru terkait dengan perkembangan model pembelajaran dan jarangnya siswa diminta untuk mengungkapkan alasannya dan menjelaskan secara lisan atau tulisan mengapa mereka memperoleh jawaban sehingga aktivitas siswa VIIIA SMP Negeri 2 Bondowoso selama pembelajaran masih cenderung pasif. Adapun Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching? (2) Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran Reciprocal Teaching?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching. (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian pada tanggal 9 Mei hingga 19 Mei 2016 di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Bondowoso. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi . Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa meningkatkan selama menerapkan metode pembelajaran Reciprocal Teaching. Dimana Pada siklus I aktivitas memprediksi materi mencapai 65,69 % sedangkan aktivitas mengklarifikasi mencapai nilai 65,69%. Pada siklus II aktivitas siswa pada saat memprediksi dan mengklarifikasi mengalami peningkatan, aktivitas siswa pada saat memprediksi mencapai nilai 77,28% dan mengklarifikasi 80,19% Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran Reciprocal Teaching terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil siswa semakin meningkat disetiap pertemuan dan aktivitas siswa yang diperoleh meningkat serta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Kubus dan Balok
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 22 May 2019 03:28
Last Modified: 25 Sep 2019 10:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item