Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika

Sari, Fidia Ngubaya (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL FIDIA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan rendahnya kualitas pendidikan matematika di Indonesia. Persoalan tersebut disebabkan karena guru belum dapat memilih metode atau model pembelajaran yang cocok dalam pembelajaran matematika sehingga di Indonesia guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa pasif dikelas. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi matematis siswa sangat rendah yang menyebabkan hasil belajar siswa dibawah rata-rata. Sehingga diperlukan model yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan komunkasi dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk permasalah ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan komunikasi siswa saat mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips . Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 9 Watukeo dari 29 April – 13 Mei 2017. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu, satu kelas eksperimen belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips dan satu kelas kontrol belajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini adalah pada hipotesis pertama menunjukkan terdapat pengaruh dari hasil observasi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung = 2,22 dan Ztabel = 1,96. Sedangkan untuk hipotesis kedua juga menunjukkan terdapat pengaruh nilai yang didapatkan dari hasil post-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung = 7,12 dan Ztabel = 1,96. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika.

Item Type: Article
Additional Information: Fidia Ngubaya Sari (1310251033)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 22 May 2019 03:43
Last Modified: 22 May 2019 03:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item View Item