Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Matematis pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Nuris Jember

Agustina, Maulia (2017) Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Matematis pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Nuris Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Representasi matematis sangat membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika yang bersifat abstrak. Bahkan tidak jarang siswa yang merasa kesulitan dalam memecahkan masalah matematika khususnya yang memiliki keabstrakan objek. Oleh karena itu, representasi matematis sangat dibutuhkan siswa dalam memecahkan masalah matematika untuk diselesaikan dengan lebih mudah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis pada sub pokok bahasan kubus? (2) Bagaimana gambaran representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis pada sub pokok bahasan Balok? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum oleh peneliti, yaitu untuk mengetahui gambaran representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis pada sub pokok bahasan kubus dan untuk mengetahui gambaran representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis pada sub pokok bahasan balok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu 20 Mei 2017 dan 27 Mei 2017 di kelas VIII C SMP Nuris Jember. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data diantaranya metode tes, wawancara, dan metode observasi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti, lembar validasi, soal tes, pedoman wawancara, dan alat perekam. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi ketiga indikator representasi matematis yaitu menggunakan representasi visual berupa gambar, membuat model matematika dari representasi lain yang disajikan, dan menulis interpretasi yang sesuai dengan suatu representasi yang disajikan. Siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak memenuhi ketiga indikator representasi matematis yaitu menggunakan representasi visual berupa gambar, membuat model matematika dari representasi lain yang disajikan, dan menulis interpretasi yang sesuai dengan suatu representasi yang disajikan. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator representasi matematis dengan baik. Siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak memenuhi semua indikator representasi matematis.

Item Type: Article
Additional Information: Maulia Agustina (1310251041)
Uncontrolled Keywords: representasi matematis, kemampuan matematis
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 24 May 2019 03:14
Last Modified: 24 May 2019 03:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item