Asuhan Keperawatan pada Post sectio caesarea Preeklamsi Berat (PEB) dengan Pemberian Terapi foot hand massage di RSD dr. Soebandi Jember

Lestari, Dwi Puji (2023) Asuhan Keperawatan pada Post sectio caesarea Preeklamsi Berat (PEB) dengan Pemberian Terapi foot hand massage di RSD dr. Soebandi Jember. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy

Abstract

Ibu hamil yang mengalami indikasi seperti Preeklamsia sehingga dilakukan persalinan dengan metode sectio caesarea (SC) berisiko akan mengalami tekanan darah yang menetap atau yang disebut dengan postpartum preeklamsia. Berdasarkan data RISKESDAS tahun 2018, jumlah persalinan dengan metode Sectio Caesarea (SC) di Indonesia sebesar 17,6% dengan indikasi Preeklamsiaa. Data Preeklamsia setelah melahirkan banyak ditemukan bahwa tekanan darah cenderung menetap sebanyak (2,7%). Strategi penatalaksanaan untuk mengatasi preeklamsia post sectio caesaria diperlukan, baik secara farmakologi maupun nonfarmakologi. Tehnik massage merupakan salah satu terapi komplementer yang dapat digunakan sebagai terapi nonfarmakologi. Massage merupakan tehnik sentuhan serta pemijatan ringan yang dapat menghasilkan rasa rileks dalam tubuh, serta memberikan rasa nyaman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus (case study) dengan sampel 3 klien dengan diagnosis medis preeklamsia. Perawat memberikan asuhan keperawatan pemberian terapi foot hand massage selama 3x8 jam. Proses asuhan keperawatan dilakukan dengan teknik pengumpilan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara kepada klien, dan dokumentasi asuhan keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan masalah teratasi pada hari ketiga pada (Ny. S dan Ny. D) (Ny. D) ditandai dengan data objektif: pada klien 1 didapatkan hasil TD: 140/90 mmHg, Klien 2: 120/80 mmHg, dan Klien 3 130/80, ketiga klien hasil observasi instrument tabel Early Warning System mengalami penurunan dari tinggi ke sedang.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 618 Gynecology and Obstetric
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Dwi Puji Lestari
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:34
Last Modified: 15 Aug 2023 06:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19146

Actions (login required)

View Item View Item