MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII B DI SMP MUHAMMADIYAH 08 CAKRU



Nur, Raissatur Rohmah (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII B DI SMP MUHAMMADIYAH 08 CAKRU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN (1).pdf] Text
PENDAHULUAN (1).pdf

Download (645kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran.pdf] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel. Raissa.pdf] Text
Artikel. Raissa.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (979kB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari stategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. peran guru sangat berpengaruh, dimana guru dituntut untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif yang dimana siswa mampu menyerap pembelajaran dengan baik. Maka dari itu, untuk mengasilkan pembelajaran yang baik, guru harus menggunakan strategi dan pendekatan yang efektif dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yaitu pendekatan pembelajaran saintifik. Pendekattan pembelajaran saintifik merupakan pembelajaran yang berfokus pada siswa untuk lebih aktif di dalam kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran PAI kelas VIIIb di SMP Muhammadiyah 08 Cakru. Adapun jenis penelitiani ni adalah penelitian tindakan kelas dengan Jumlah sempel pada penelitian ini adalah 21 siswa pada kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 08 Cakru. Adapun teknik pengumpulan data ialah dengan melakukan observasi dan tes tulis. Adapun saat dilakukan observasi hasil yang diperoleh yaitu 3 siswa (14%) dengan nilai rata-rata 70-80 yang mencapai ketuntasana dan 18 siswa (86%) dengan nilai rata-rata 40-70 masih belum mencapai ketuntasan. Setelah dilakukan tindakan siklus I, telah meningkat yaitu 14 siswa (67%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 70-90 dan 7 siswa (33%) yang belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 40-60. Kemudian dilakukan tindakan siklus II yang kemudian meningkat kembali yaitu 17 siswa (81%) tuntas dengan nilai rata-rata 70-90 dan 4 siswa (19%) belum mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata 40-60. Berdasarrkan hasil peelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pendekatan pembelajaran saintifik pada siswa kelas VIII b mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 08 Cakru.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Rofi, Sofyan
NIDN0705078402
UNSPECIFIED
Huda, Hairul
NIDN0720018902

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Hasil Belajar, pendekatan pemberlajaran saintifik, SMP Muhammadiyah 08 Cakru
Subjects: 200 Religious
400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: NUR RAISSATUR ROHMAH | nurraissaattamimi@gmail.com
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:30
Last Modified: 16 Aug 2023 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19148

Actions (login required)

View Item View Item