Nur, Raissatur Rohmah (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII B DI SMP MUHAMMADIYAH 08 CAKRU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN (1).pdf Download (645kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (493kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Artikel. Raissa.pdf Restricted to Repository staff only until 2028. Download (979kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari stategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. peran guru sangat berpengaruh, dimana guru dituntut untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif yang dimana siswa mampu menyerap pembelajaran dengan baik. Maka dari itu, untuk mengasilkan pembelajaran yang baik, guru harus menggunakan strategi dan pendekatan yang efektif dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yaitu pendekatan pembelajaran saintifik. Pendekattan pembelajaran saintifik merupakan pembelajaran yang berfokus pada siswa untuk lebih aktif di dalam kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran PAI kelas VIIIb di SMP Muhammadiyah 08 Cakru. Adapun jenis penelitiani ni adalah penelitian tindakan kelas dengan Jumlah sempel pada penelitian ini adalah 21 siswa pada kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 08 Cakru. Adapun teknik pengumpulan data ialah dengan melakukan observasi dan tes tulis. Adapun saat dilakukan observasi hasil yang diperoleh yaitu 3 siswa (14%) dengan nilai rata-rata 70-80 yang mencapai ketuntasana dan 18 siswa (86%) dengan nilai rata-rata 40-70 masih belum mencapai ketuntasan. Setelah dilakukan tindakan siklus I, telah meningkat yaitu 14 siswa (67%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 70-90 dan 7 siswa (33%) yang belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 40-60. Kemudian dilakukan tindakan siklus II yang kemudian meningkat kembali yaitu 17 siswa (81%) tuntas dengan nilai rata-rata 70-90 dan 4 siswa (19%) belum mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata 40-60. Berdasarrkan hasil peelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pendekatan pembelajaran saintifik pada siswa kelas VIII b mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 08 Cakru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, pendekatan pemberlajaran saintifik, SMP Muhammadiyah 08 Cakru | |||||||||
Subjects: | 200 Religious 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | NUR RAISSATUR ROHMAH | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nurraissaattamimi@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 01:30 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:30 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19148 |
Actions (login required)
View Item |