Faisyah, Siti Nur (2023) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepatuhan Berobat Pasien Hipertensi Di Puskesmas Gladak Pakem. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (287kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) | Request a copy |
Abstract
Pendahuluan: Kualitas pelayanan kesehatan adalah kecakapan atau keahlian dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien sesuai standar profesi dan kaidah etik untuk menarik pasien agar berkunjung kembali. Salah satu output dari kualitas pelayanan kesehatan adalah kepatuhan berobat pasien hipertensi dari hasil kunjungan kembali untuk kontrol rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan berobat pasien hipertensi di Puskesmas Gladak Pakem. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 440 orang dengan sampel 44 orang yang diambil secara nonprobability sampling dengan teknik quota sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuisioner dengan skala likert dan skala guttman. Hasil: sebanyak 41 responden (93,2%) menilai kualitas pelayanan kesehatan dalam kategori baik, dan sebanyak 35 responden (79,5%) memiliki tingkat kepatuhan berobatnya dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman rank menunjukkan adanya hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepatuhan berobat pasien hipertensi di Puskesmas Gladak Pakem dengan kategori korelasi kuat (p value= 0,000; α= 0,05; r= 0,621). Kesimpulan: kualitas pelayanan kesehatan adalah salah satu pendorong dari beberapa faktor untuk kepatuhan berobat pasien hipertensi di Puskesmas Gladak Pakem. Kepatuhan berobat pasien hipertensi merupakan salah satu hasil dari kinerja pelayanan kesehatan yang diberikan. Saran: Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan jumlah responden serta metode penelitian yang berbeda dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepatuhan Berobat, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Pasien Hipertensi | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Siti Nur Faisyah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | sitinurfaisyah08@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 07:02 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 07:02 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19156 |
Actions (login required)
View Item |