Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepatuhan Berobat Pasien Hipertensi Di Puskesmas Gladak Pakem

Faisyah, Siti Nur (2023) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepatuhan Berobat Pasien Hipertensi Di Puskesmas Gladak Pakem. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan: Kualitas pelayanan kesehatan adalah kecakapan atau keahlian dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien sesuai standar profesi dan kaidah etik untuk menarik pasien agar berkunjung kembali. Salah satu output dari kualitas pelayanan kesehatan adalah kepatuhan berobat pasien hipertensi dari hasil kunjungan kembali untuk kontrol rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan berobat pasien hipertensi di Puskesmas Gladak Pakem. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 440 orang dengan sampel 44 orang yang diambil secara nonprobability sampling dengan teknik quota sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuisioner dengan skala likert dan skala guttman. Hasil: sebanyak 41 responden (93,2%) menilai kualitas pelayanan kesehatan dalam kategori baik, dan sebanyak 35 responden (79,5%) memiliki tingkat kepatuhan berobatnya dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman rank menunjukkan adanya hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepatuhan berobat pasien hipertensi di Puskesmas Gladak Pakem dengan kategori korelasi kuat (p value= 0,000; α= 0,05; r= 0,621). Kesimpulan: kualitas pelayanan kesehatan adalah salah satu pendorong dari beberapa faktor untuk kepatuhan berobat pasien hipertensi di Puskesmas Gladak Pakem. Kepatuhan berobat pasien hipertensi merupakan salah satu hasil dari kinerja pelayanan kesehatan yang diberikan. Saran: Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan jumlah responden serta metode penelitian yang berbeda dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Berobat, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Pasien Hipertensi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Siti Nur Faisyah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAsmuji, AsmujiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDHaryanti, Dwi YunitaUNSPECIFIED
Contact Email Address: sitinurfaisyah08@gmail.com
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:02
Last Modified: 15 Aug 2023 07:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19156

Actions (login required)

View Item View Item