Maulana, Adimas Wahyu (2023) Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Metode Drill terhadap Ketepatan Cuci Tangan 6 Langkah pada Anak Usia prasekolah di TK Al-Islah Mayang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (929kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (357kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Prevalensi nasional berperilaku cuci tangan dengan benar pada anak tergolong rendah yaitu 49,80%. Hal ini menunjukkan usia prasekolah memiliki pengetahuan yang sangat kurang mengenai praktik ketepatan cuci tangan 6 langkah, sehingga sangat perlu untuk diberikan edukasi kesehatan praktik ketepatan cuci tangan 6 langkah agar bisa mencegah risiko terjadinya penyakit. Tujuan : Penelitaian ini bertujuan menganalisis pengaruh edukasi kesehatan berbasis metode drill terhadap ketepatan cuci tangan 6 langkah pada anak usia prasekolah di TK Al-Islah Mayang. Metode penelitian : Desain penelitian ini menggunakan pre-experiment dengan rancangan One Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasinya 126 anak usia prasekolah. Pemilihan sampel dengan non random purposive sampling, besar sampel 72 anak. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian didapatkan p-value sebesar 0,000 yang berarti terdapat pengaruh edukasi kesehatan berbasis metode drill terhadap ketepatan cuci tangan 6 langkah pada anak usia prasekolah di TK Al-Islah Mayang. Implikasi Keperawatan : Edukasi kesehatan dengan metode drill dapat dijadikan alternatif sebagai promosi kesehatan untuk meningkatkan ketepatan perilaku cuci tangan 6 langkah anak usia prasekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cuci Tangan 6 Langkah, Edukasi Kesehatan, Anak Usia prasekolah, Metode Drill | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Adimas Wahyu Maulana | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | adimasflash@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 06:16 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 06:16 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19331 |
Actions (login required)
View Item |