Ananda, Tri Rita (2024) Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembelajaran di dalam Kelas TK ABA X di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (575kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (595kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi kepribadian guru merupakan salah satu kompetensi yang penting yang harus dimiliki oleh guru, karena kompetensi kepribadian yang akan membangun karakter yang akan dimiliki oleh peserta didik. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara guru mengimplementasikan kompetensi kepribadian dan hasil implementasi kepribadian terhadap anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi kepribadian guru di salah satu TK di Kabupaten Banyuwangi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dari kelas kelompok B. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa data implementasi dan hasil implementasi kompetensi kepribadian. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa guru di TK X kurang mengetahui mengenai kompetensi kepribadian, akan tetapi guru di TK X sudah mengimplementasikan kompetensi kepribadian dalam bidang agama dan moral. Hal ini ditampilkan oleh guru melalui kegiatan yang dilakukan dengan peserta didik berupa Shalat Jumat berjamaah di masjid dengan masyarakat sekitar lingkungan sekolah, selain itu guru juga mengajak peserta didik untuk melakukan infak berbagi dengan yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 306 Culture & Istitutions | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | Rita Tri Ananda | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | rita.triananda777888@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2024 08:26 | |||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2024 08:26 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21050 |
Actions (login required)
View Item |