Strategi Marketing Sales Force (SF) Dalam Memasarkan Produk Pembiayaan Pensiun Berkah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 1



Ulfa, Zakiyah Lailatul (2024) Strategi Marketing Sales Force (SF) Dalam Memasarkan Produk Pembiayaan Pensiun Berkah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 1. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Produk pembiayaan pensiun berkah merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 1. Produk pembiayaan pensiun berkah ini dipasarkan oleh marketing sales force (SF) yang diperuntukan kepada nasabah pensiunan baik itu pensiun aktif maupun yang sudah tidak aktif yang mana nasabahnya sudah berusia lanjut yang jarang update mengenai sistem pembiayaan. Strategi marketing sales force (SF) sangat penting dalam kegiatan pemasaran mengingat Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 1 merupakan satu-satunya perbankan yang berbasis syariah di Kecamatan Rogojampi. Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana strategi marketing sales force (sf) dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun berkah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 1, 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kendala marketing sales force (SF) dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun berkah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 1. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh melalui dua sumber, yakni data primer dan sekunder. Data primer diperoleh wawancara langsung kepada pihak marketing sales force (sf) dan beberapa staf yang terlibat yakni CBRM. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, karya tulis ilmiah serta artikel. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi marketing sales force (SF) dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun berkah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 1 yaitu dengan melakukan kegiatan kunjungan (BKD, Diknas, PWRI, organisasi yang didalamya terdapat perkumpulan pensiunan) serta menerapkan bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari 4P product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi). Dalam pratiknya dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun berkah Marketing Sales Force lebih menekankan dan condong kepada kegiatan kunjungan ke Ormas PWRI. Kemudian dalam strategi promosi lebih menekankan kepada kegiatan kunjungan. Akan tetapi dalam strategi tempat Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 1 dari sistem kantornya perlu mengadakan perbaikan. (2) Faktor yang menjadi kendala marketing sales force yakni dari sistem take over. Namun dari faktor kendala take over yang dihadapi terdapat beberapa cara serta langkah yang strategis dalam mengatasi sistem take over.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Shodiqin, Dimas Herliandis
NIDN0714068402
Dosen Pembimbing
Syafi'i, Muhammad
NIDN0707078805

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Strategi Marketing Sales Force (SF), Produk Pembiayaan Pensiun Berkah, Bank Syariah Indonesia
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business
700 The Art, Entertainment and Sport > 706 Organizations & Management
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Sharia Economy (S1)
Depositing User: Zakiyah Lailatul Ulfa | zakiyahulfah05@gmail.com
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:10
Last Modified: 01 Jul 2024 01:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item View Item