Komunikasi Interpersonal antara Bidan dengan Ibu Hamil dalam Kegiatan Posyandu di Desa Karanganyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Saputri, Yola Amanda (2024) Komunikasi Interpersonal antara Bidan dengan Ibu Hamil dalam Kegiatan Posyandu di Desa Karanganyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi Interpersonal dalam dunia medis terjalin antara bidan dan pasien. dengan adanya bidan kesehatan ibu dan anak akan terjaga, sehingga dapat melahirkan bayi yang sehat dan normal. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, ibu yang telah melahirkan dapat mendatangi posyandu guna melakukan pemeriksaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan yang dilakukan bidan dalam kegiatan posyandu, upaya ibu hamil dalam memahami materi yang disampaikan oleh bidan serta hambatan yang dialami oleh ibu hamil dan bidan dalam kegiatan posyandu. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu teori interaksi simbolik oleh George Herbert Mead. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sumber data dengan cara purposive sampling dengan menentukan kriteria yang sudah di tentukan peneliti. Analisis data yang digunakan yatu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu perencanaan yang dilakukan bidan yaitu dengan meyusun jadwal dan mempersiapkan materi, upaya ibu hamil dalam memahami materi yang disampaikan bidan adalah dengan bertanya apa bila ada materi yang belum dipahami, serta hambatan dialami bidan dan ibu hamil saat posyandu adalah terkait dengan bahasa yang digunkan bidan ataupun ibu hamil yang berbeda, keterbatasan pengetahuan ibu hamil membuat ibu hamil sulit memahami materi yang disampaikan bidan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Posyandu, Bidan
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 380 Commerce, Communications, Transportation
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: YOLA AMANDA SAPUTRI
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:03
Last Modified: 12 Jul 2024 04:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21444

Actions (login required)

View Item View Item