Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menurut Teori Wankart dan Oreovocz Ditinjau dari Perbedaan Gender

Pangestu, Goegoeh (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menurut Teori Wankart dan Oreovocz Ditinjau dari Perbedaan Gender. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pangestu, Goegoeh. 2024. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Menurut Teori Wankart dan Oreovocz Ditinjau dari Perbedaan Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Dr. Lady Agustina, M.Pd (2) Rohmad Wahid Rhomdani, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan masalah matematis, Teori Wankart dan Oreovocz, Gender Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut teori wankat dan oreovocz ditinjau dari perbedaan gender. Jenis peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Jumlah subjek yang digunakan oleh peneliti yaitu 6 siswa pada kelas VIII D di SMP Negeri 2 Tempurejo yang terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis pemecahan masalah SPLDV dan wawancara semi terstruktur. Selain itu, analisis data dibagi menjadi tiga tahap yaitu pertama reduksi data, kedua penyajian data, serta terakhir penarikan kesimpulan, dilanjutkan pengujian kesahihan data menggunakan triangulasi sumber. Alur penelitian pada penelitian ini diantaranya kegiatan pendahuluan, pembuatan instrumen penelitian, pengujian validasi instrumen, pengumpulan data, menganalisis data, serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bhawasanya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa laki-laki lebih unggul daripada siswa perempuan. Siswa laki-laki dan perempuan berada dalam kategori rendah, di mana keduanya memiliki kemampuan pemecahan masalah yang setara. Keduanya hanya memenuhi 4 tahapan pemecahan masalah menurut Wankart dan Oreovocz. Selanjutnya pada siswa laki-laki dan perempuan berada dalam kategori sedang, di mana siswa laki-laki dapat memenuhi 6 tahapan pada setiap soal, sedangkan siswa perempuan hanya memenuhi 5 tahapan pada setiap soal yang diberikan. Siswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori tinggi, siswa laki-laki dapat memenuhi semua tahapan pada soal nomor 1 dan 6 tahapan pada soal nomor 2. Sedangkan,siswa perempuan memenuhi 6 tahapan pada setiap soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Wankart dan Oreovocz, Gender
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Goegoeh Pangestu
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:12
Last Modified: 12 Jul 2024 04:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item View Item