Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan

Puspitasari, Lufi (2024) Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan secara berurutan yaitu membaca dan menulis serta kemampuan yang dimiliki untuk membaca dan menuliskan al-Qur’an. Oleh karena itu perlunya sebuah manajemen pembelajaran yang baik dalam menerapkan pembelajaran Baca Tulis Al-Quran (BTA) dapat mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran di SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan, 2) Untuk mengetahui penerapan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran di SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan, 3) Untuk mengetahui penerapan evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Quran di SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasinya di SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan. Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara (Kepala sekolah, guru BTA dan perwakilan 2 siswa kelas VII). Teknik analisis yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan pembelajaran membaca Al-Quran meliputi guru menyiapkan silabus dan RPP, menyiapkan buku tajwid dan juz amma, menggunakan metode ummi, mempersilahkan siswa mengambil Al-Quran diperpustakaan, penjelasan mengenai surah, siswa maju satu persatu dicek bacaannya, evaluasinya test lisan. Sedangakan Perencanaan menulis adalah menyiapkan buku tajwid, penjelasan mengenai penulisan ayat surah dan ditulis dipapan tulis siswa menuliskan di buku masing-masing ,di cek ketepatan dan kebenaran tulisan surahnya serta dinilai. Evaluasinya tes tulis.2)Pelaksanaan membaca metode ummi yaitu: a) Pembukaan, b) Apersepsi, c) Penanaman Konsep, d) Pemahaman Konsep, e) Latihan/praktis, f) Evaluasi, g) Penutup. Sedangkan pelaksanaan menulis guru menuliskan surah di papan tulis diikuti siswa, kemudian dicek dan dinilai.3)Evaluasi tes lisan yaitu pertama guru masuk kelas salam, doa, menanyakan kesiapan siswa, kedua guru meminta siswa maju satu persatu setoran hafalan dengan membawa kertas biru, ketiga guru menilai setoran dan bacaan siswa, keempat siswa bergantian setoran, kelima guru menutup dengan salam. Sedangkan tes tulis yaitu pertama salam, doa, menanyakan kesiapan siswa, kedua menuliskan soal dipapan tulis dan siswa diminta menuliskan soal dan jawaban di buku masing-masing dan dikumpulkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Baca Tulis, Al-Quran
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.57 Religicus Experience, Life, Practice
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Lufi Puspitasari
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:26
Last Modified: 15 Jul 2024 04:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21542

Actions (login required)

View Item View Item