Analisis Pemasaran Jeruk Siam (Citrus nobilis) di Desa Gadingrejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

Aida, Siti Nur (2024) Analisis Pemasaran Jeruk Siam (Citrus nobilis) di Desa Gadingrejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (703kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (641kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy

Abstract

Pemasaran pada prinsipnya adalah aliran barang dari produsen kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui saluran pemasaran jeruk siam yang digunakan, 2) menghitung margin pemasaran, 3) menentukan efisiensi pemasaran. Metode penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu Desa Gadingrejo, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan total sampling dengan jumlah sampel 32 petani dan 12 lembaga pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1.) terdapat dua saluran pemasaran jeruk siam di Desa Gadingrejo diantaranya yaitu pola saluran ke satu Petani – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen, pola saluran kedua yaitu Petani – Pedagang Pengepul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen, 2) Margin pemasaran pada setiap pola saluran pemasaran memiliki perbedaan yaitu pada pola saluran pemasaran pertama memiliki margin pemasaran sebesar Rp 4.5000/kg sedangkan pada pola saluran pemasaran kedua sebesar Rp 6.000/kg 3) Efisiensi pemasaran pada setiap pola saluran pemasaran yang lebih efisien terdapat pada pola saluran pemasaran II tingkat dengan nilai farmer’s share sebesar 59,09% sedangkan pada pola saluran pemasaran III tingkat dengan nilai farmer’s share sebesar 45,45%, maka pola saluran pemasaran II tingkat lebih efisien dibandingkan dengan pola saluran pemasaran III tingkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Saluran Pemasaran
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 634 Orchard, Fruits
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Department: S1 Agribisnis
Depositing User: Siti Nur Aida
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHadi, Syamsulnidn0715037001
UNSPECIFIEDAulia, Anisa Nurinanidn0705039103
Contact Email Address: sitinuraidablng@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:07
Last Modified: 15 Jul 2024 08:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21544

Actions (login required)

View Item View Item