Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X-D melalui Model Pembelajaran PjBL di SMA Muhammadiyah 3 Jember

Aieni, Qurrotu (2024) Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X-D melalui Model Pembelajaran PjBL di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
HALAMAN DEPAN..pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
KOPI-LATTE24_Qurrotu Aieni.pdf

Download (356kB)

Abstract

Pada desain pembelajaran abad 21, ada banyak tingkat kolaborasi yang berbeda dan pendidik harus menyadari tingkat atau jenis kolaborasi apa yang mereka harapkan akan melibatkan siswa. Menempatkan siswa ke dalam kelompok atau pasangan tidak berarti mereka akan berkolaborasi. Semakin jelas pendidik berkomunikasi tentang jenis kolaborasi yang dibutuhkan siswa mereka, semakin besar kemungkinakan siswa mengembangkan jenis keterampilan yang diperlukan untuk berkolaborasi secara efektif. Untuk mengetahui tingkat kolaborasi peserta didik, peneliti menggunakan rubrik 21st CLD Micrsoft. Desain Pembelajaran Abad 21 atau 21st Century Learning Design (21st CLD) dari Microsoft ini dibentuk berdasarkan metodologi penelitian yang menyediakan proses kolaboratif berbasis praktik untuk membantu pendidik mengubah cara mereka merancang kegiatan pembelajaran yang memperkaya keterampilan peserta didik. Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya kemampuan kolaborasi 21st CLD dan hasil belajar kognitif yang dimiliki siswa kelas X-D. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan kemampuan kolaborasi 21st CLD serta hasil belajar kognitif siswa kelas X-D melalui model pemebelajaran PjBL. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengambil subjek siswa kelas X-D di SMA Muhammadyah 3 Jember sebanyak 25 siswa. instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan kolaborasi adalah lembar observasi rubrik kemampuan kolaborasi 21st CLD dan hasil belajar kognitif adalah pre-tes dan post-test kemudian dianalisis menggunakan rumus percentage correction dan skor N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakuakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase level 3 pada kemampuan kolaborasi sebesar 36 % pada siklus I meningkat menjadi sebesar 48 % pada siklus II. Kemudian juga terjadi peningkatan hasil belajar kognitif dengan rata-rata N-Gain 0,53 dalam kategori sedang di siklus I meningkat menjadi 0,81 dalam kategori tinggi d siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi abad 21 dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-D di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Kata Kunci : Kemampuan Kolaborasi Abad 21, Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran PjBL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 21st Century Collaboration Skills, Cognitive Learning Outcomes, PjBL Learning Model.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: QURROTU AIENI
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:24
Last Modified: 16 Jul 2024 02:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21570

Actions (login required)

View Item View Item