Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Menulis Teks Deskripsi Bagi Siswa Kelas VII SMP 1 Atap Kluncing



Rangga, Sulton Aprilian (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Menulis Teks Deskripsi Bagi Siswa Kelas VII SMP 1 Atap Kluncing. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran adalah alat untuk memberi perangsang bagi
peserta didik supaya terjadi proses belajar dan berfungsi untuk
memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga dapat
mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik dan sempurna.
Media pembelajaran interaktif merupakan jenis multimedia yang
dilengkapi dengan pengontrol yang dapat dioperasikan oleh
pengguna sehingga pengguna dapat memilih proses selanjutnya yang
diperlukan. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti
memerlukan angket validasi oleh ahli materi dan ahli media serta
angket respon siswa.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah bahwa media
pembelajaran berupa media interaktif dengan penilaian menurut ahli
materi memilki presentase sebesar 92,5% dan ahli media dengan
presentase 85% serta penilaian dari siswa sebesar 87%. Berdasarkan
kriteria tingkat kelayakan, maka media pembelajaran canva
termasuk dalam kualifikasi valid dan layak digunakan sebagai media
pembelajaran untuk siswa dalam materi menulis teks deskripsi. Hal
tersebut juga dinilai berdasarkan dari materi yang diberikan serta
desain yang menarik pada tampilan media interaktif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Dina Merdeka, Citraningrum
NIDN0717088701
Dosen Pembimbing
Syahrul, Mubaroq
NIND0708088804
Dosen Pembimbing
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Canva, Teks Deskripsi
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Rangga sulton aprilioan | ranggasulton070402@gmail.com
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:52
Last Modified: 20 Jul 2024 03:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22022

Actions (login required)

View Item View Item