Hidayat, Nabil Mumtaz (2024) EFEKTIVITAS PELATIHAN PROGRAM GENRE TERHADAP KETERAMPILAN SEBAGAI PENDIDIK SEBAYA PADA REMAJA DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABTSRAK.pdf Download (736kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (644kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (747kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Pendahuluan: Perilaku remaja banyak berubah seiring dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi. Perubahan tersebut lebih cenderung ke arah yang negatif. Berdasarkan kondisi seperti ini remaja membutuhkan inforrmasi mengenai kesehatan reproduksi seta aktifitas yang bermanfaat, maka dari itulah diperlukannya peran Pendidik Sebaya (PS). Metode: yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental yang paling sederhana dan tidak memiliki kelompok kontrol, dengan pendekatan One-shot Case Study Research Design, dengan jumlah sampel 62 Pendidik Sebaya. Penelitian ini dilakukan pada bula Juni 2024, menggunakan instrument Check list Indikator Pencapaian pendidik Sebaya. Analisa data menggunakan Paired T-Test dengan nilai α = 0.05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan pelatihan menggunakan metode modul social skill training memiliki nilai rerata 72.43 dan sesudah diberi pelatihan menggunakan metode modul social skill training menjadi 83.83. efektivitas pelatihan program GenRe menggunakan metode modul social skill training terhadap ketermapilan Pendidik Sebaya didapatkan nilai p 0.000. Kesimpulan: Pelatihan Program GenRe efektif terhadap peningkatan keterampilan Pendidik Sebaya (PS). Diskusi: Pelatihan program GenRe dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketermapilan Pendidik Sebaya dalam memberikan edukasi kepada teman sebayanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku remaja, Program GenRe, Pendidik Sebaya (PS) | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Nabil Mumtaz Hidayat | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nabilmyname3@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 04:42 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:42 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22114 |
Actions (login required)
View Item |