Ramadhani, Syahrul (2024) PENGARUH KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU AGRESIVE DRIVING PADA KOMUNITAS MOTOR “X”. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (929kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Agresive driving pada komunitas motor seringkali ditemukan di jalan raya, faktor lingkungan yang dapat menjadi alasan salah satu pemicu perilaku agresive driving muncul adalah peniruan perilaku lingkungan sosial atau konformitas kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah konformitas memberikan pengaruh signifikan terhadap agresive driving yang terjadi pada komunitasa motor x. Sampel dalam penelitian ini adalah komunitas motor x di Jember dengan total 56 anggota. Penelitian ini menggunakan random sampling. Agresive driving diukur menggunakan Aggressive Driving Behavior Scale (ADBS) yang diadaptasi dari penelitian Yulita (2019) berdasarkan aspek dari Hoston, Harris, dan Norman, sedangkan untuk konformitas menggunakan skala konformitas diadaptasi dari penelitian Saidah (2016) berdasarkan aspek dari Baron. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konformitas memiliki pengaruh terhadap agresive driving pada komunitas motor x dengan nilai Sig 0,018 yakni lebih kecil dari 0,05 dan nilai R Square yang diperoleh yakni 9,9%. Peneliti berharap komunitas motor menjadikan penelitian ini dijadikan sebagai gambaran atau rujukan penting untuk memperhatikan nilai-nilai dalam komunitas dengan membahas topik safety riding dan mengembangkan nilai-nilai positif dalam diskusi komunitas pada agenda rutinan kopdar (kopi darat). Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat mempertimbangkan dan melibatkan komunitas-komunitas yang memiliki norma dan tujuan yang jelas dan atau komunitas yang sudah terdaftar dalam IMI. Serta dapat mengeksplorasi variabel-variabel lain diluar penelitian ini yang dapat mempengaruhi perilaku agresive driving pada komunitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aggressive Driving, Motorcycle Community, Conformity | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology 300 Social Science 300 Social Science > 307 Communities |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Syahrul Ramadhani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | urmcdani@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 03:25 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 03:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22160 |
Actions (login required)
View Item |