Implementasi Kompres Hangat Jahe Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Lansia Ny. L Dengan Risiko Jatuh Berulang Di UPT PSTW Jember

Maghfiro, Audrey Amalia Shakira (2024) Implementasi Kompres Hangat Jahe Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Lansia Ny. L Dengan Risiko Jatuh Berulang Di UPT PSTW Jember. Vocational Education thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (926kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Risiko jatuh pada lansia merupakan terjadinya peningkatan kerentanan terhadap jatuh yang menimbulkan kerusakan dan gangguan fisik akibat terjatuh. Jatuh sering kali dikaitkan dengan perubahan struktur dan fungsi sel, jaringan, dan sistem organ yang mempengaruhi kesehatan fisik lansia secara keseluruhan, perubahan ini berhubungan dengan nyeri sebagai cara perlindungan tubuh yang terjadi ketika jaringan rusak.Tujuan: Mendeskripsikan data dan implementasi penggunaan kompres hangat jahe terhadap penurunan skala nyeri dengan risiko jatuh berulang di UPT PSTW Jember. Metode: Studi kasus deskriptif pada 1 responden. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil: Berdasarkan data yang didapat lansia yang mengalami risiko jatuh berulang mengalami nyeri dengan skala 5 yang diiterpretasikan nyeri sedang, selain itu lansia yang mengalami risiko jatuh berulang terlihat pada skor TUG 15 detik dengan interpretasi berisiko tinggi jatuh. Kompres hangat jahe efektif dalam menurunkan nyeri dari skala 5 (nyeri sedang) menjadi skala 2 (nyeri ringan) dalam perawatan 1x15 menit selama 6 hari. Rekomendasi: Karya tulis ilmiah ini menunjukkan implementasi kompres hangat jahe efektif digunakan untuk menurunkan skala nyeri pada lansia dengan risiko jatuh berulang sehingga masukkan bagi tenaga kesehatan untuk melakukan terapi kompres hangat jahe sebagai intervensi keperawatan dan memberikan pendidikan kesehatan mengenai kompres hangat jahe terhadap lansia yang mengalami nyeri dengan risiko jatuh berulang.

Item Type: Thesis (Vocational Education)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Nyeri, kompres hangat jahe, lansia
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Diploma of Nursing (D3)
Depositing User: Audrey Amalia Shakira Maghfiro
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:55
Last Modified: 24 Jul 2024 03:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item