Analisis Sentimen Ulasan Customer Terhadap Penjualan Produk Kecantikan Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus: Marketplace Tokopedia)

Rahmadanty, Risma Asha (2024) Analisis Sentimen Ulasan Customer Terhadap Penjualan Produk Kecantikan Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus: Marketplace Tokopedia). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (647kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produk kecantikan, khususnya perawatan kulit, dipercaya membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Rutin menggunakan produk perawatan kulit dapat mengatasi dan mencegah berbagai masalah kulit dengan cara memberikan nutrisi, melembapkan, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pelanggan terhadap produk kecantikan, khususnya sunscreen dari brand "Madame Gie" dengan studi kasus pada marketplace Tokopedia. Analisis sentimen adalah metode untuk mengelompokkan emosi dan sikap seseorang berdasarkan teks ulasan. Dalam penelitian ini, metode Naïve Bayes digunakan untuk mengklasifikasikan ulasan pengguna menjadi sentimen positif dan negatif. Metode Naïve Bayes dipilih karena efektif dalam menganalisis teks dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Ulasan tersebut kemudian diproses dan dianalisis menggunakan teknik analisis sentimen untuk memahami persepsi pelanggan terhadap produk sunscreen ini. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam penerapan metode analisis sentimen pada industri kecantikan, khususnya di Indonesia. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini didapatkan hasil akurasi sebesar 97%, nilai presisi yang menyertai 96% dan nilai recall yang menyertai 100% pada 8-Fold Cross Validation langkah uji pertama. Setelah dilakukan proses teknik balancing data oversampling diperoleh hasil confusion matrix tertinggi tingkat akurasi sebesar 95%, nilai presisi yang menyertai 100% dan nilai recall yang menyertai 91% pada 10-Fold Cross Validation langkah uji pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen, Produk Kecantikan, Tokopedia, Madame Gie, Naïve Bayes.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Risma Asha Rahmadanty
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorOktavianto, HardianNIDN0722108105
Thesis advisorFaruq, Habibatul Azizah AlNIDN0718128901
Contact Email Address: rismarahmadanty@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:43
Last Modified: 27 Jul 2024 01:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item