Pemberian Jus Mentimun Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Pasien Ny. S Dengan Hipertensi Di Wilayah Puskesmas Sumbersari Jember

Bayuningtias, Rensania Nancy Fitria (2024) Pemberian Jus Mentimun Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Pasien Ny. S Dengan Hipertensi Di Wilayah Puskesmas Sumbersari Jember. Vocational Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi secara umum di definisikan keadaan dimana meningkatnya tekanan darah sistolik lebih dari atau sama dengan 140 mmHg atau tekanan diastolik lebih dari atau sama dengan 90 mmHg. Terapi pemberian jus mentimun adalah salah satu pengobatan herbal antara lain efek samping yang relatif rendah serta memiliki efek non farmakologi sesuai untuk penyakit metabolik dan degeneratif seperti hipertensi. Tujuan studi kasus ini adalah melakukan observasi tekanan darah pada pasien hipertensi dengan pemberian terapi pemberian jus mentimun. Desain penelitian yg digunakan yaitu studi kasus deskriptif. Subjek salah satu klien hipertensi dalam studi kasus ini memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Kriteria inklusi yaitu lansia dengan penyakit hipertensi dan bersiaplah menjadi objek penelitian. Kriteia eksklusi adalah pasien hipertensi akan menjalani pengobatan non farmakologis beserta anggota keluarga yang berisiko terhadap hipertensi. Pengumpulan data dalam studi kasus ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan pemeriksaan tekanan darah. Hasil pengkajian didapatkan klien tidak mengetahui bagaimana pola hidup sehat terutama bagi penderita hipertensi. Klien kurang menjaga pola makan sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi kambuh dan menyebabkan nyeri tengkuk, tekanan darah 157/70 mmHg. Pemberian jus mentimun dbrikn selama 2 pekan. Hasil evaluasi didapatkan klien sudah mengetahui bagaimana menjaga pola hidup sehat dan pola makan pada pertemuan terakhir didapatkan tekanan darah klien normal yaitu 120/80 mmHg. Terdapat perubahan tekanan darah pada klien setelah diberikan pemberian jus mentimun.

Item Type: Thesis (Vocational Education)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Jus mentimun, Tekanan Darah
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 615 Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Faculty of Health > Diploma of Nursing (D3)
Depositing User: Rensania Nancy Fitria Bayuningtias
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:07
Last Modified: 27 Jul 2024 02:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22488

Actions (login required)

View Item View Item