Hubungan Tingkat Kesadaran Diri Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita Diabetes Melitus Di Wilayah Puskesmas Wonosari Kabupaten Bondowoso

Berliana, Nur Intan Ayu (2024) Hubungan Tingkat Kesadaran Diri Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita Diabetes Melitus Di Wilayah Puskesmas Wonosari Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN Skripsi, Juli 2024 Nur Intan Ayu Berliana Hubungan Tingkat Kesadaran Diri Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita Diabetes Melitus di Wilayah Puskesmas Wonosari Kabupaten Bondowoso XVI + 86 Halaman + 2 bagan + 13 tabel + 19 lampiran ABSTRAK Diabetes melitus adalah penyakit bersifat kronis atau menahun ditandai oleh bertambahnya kadar glukosa darah dikarenakan tubuh tidak mampu memproduksi insulin. Kesadaran diri merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali perasaan, mampu mengendalikan diri, dan memiliki keyakinan kuat akan kelebihan dan kekurangan. Kesadaran diri seseorang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup. Kualitas hidup merupakan suatu pemikiran seseorang mengenai kepuasan atau kesejahteraan dari berbagai aspek kesehatan fisik, psikologis, sosial, dan lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat kesadaran diri dengan kualitas hidup pada penderita diabetes melitus di Wilayah Puskesmas Wonosari Kabupaten Bondowoso. Penelitin ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah Quota Sampling dengan total sampel sebanyak 86 responden. Hasil penelitian ini didapatkan 61 responden (70,9%) dengan tingkat kesadaran diri tinggi dan mayoritas 47 responden (54,7%) mempunyai kualitas hidup yang tinggi. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji Spearman Rank (Rho) dengan α=0,05 diperoleh nilai p value 0,001, dan nilai r = 0,703 artinya terdapat hubungan kuat antara tingkat kesadaran diri dengan kualitas hidup pada penderita diabetes melitus di Wilayah Puskesmas Wonosari Kabupaten Bondowoso. Penderita diabetes melitus di Wilayah Puskesmas Wonosari diharapkan mampu meningkatkan kesadaran diri guna mempertahankan kualitas hidup tinggi melalui partisipasi dalam kegiatan PROLANIS secara teratur yang diadakan oleh Puskesmas Wonosari. Penderita diabetes melitus diharapkan juga dapat konsisten dalam melakukan pengendalian diabetes melitus meliputi pemantauan kadar gula darah, dan penerapan gaya hidup sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, Kesadaran Diri, Kualitas Hidup
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Nur Intan Ayu Berliana
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSasmiyanto, SasmiyantoNIDN0716047902
UNSPECIFIEDAdi, Ginanjar SasmitoNIDN0710029002
Contact Email Address: ayuberliana262@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2024 03:31
Last Modified: 27 Jul 2024 03:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22513

Actions (login required)

View Item View Item