ASUHAN KEPERAWATAN PADA KELUARGA YANG MENGALAMI HIPERTESI DENGAN DEFISIT PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN PROSES PENYAKIT DI DESA KARANGPRING SUKORAMBI JEMBER

Damayanti, Elfira (2024) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KELUARGA YANG MENGALAMI HIPERTESI DENGAN DEFISIT PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN PROSES PENYAKIT DI DESA KARANGPRING SUKORAMBI JEMBER. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (662kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan global yang mengakibatkan meningkatnya angka kematian dan kesakitan di Indonesia dan dunia. Hipertensi juga bisa menjadi factor risiko terhadap kerusakan dari beberapa organ penting seperti otak, jantung, ginjal, aorta, dan perifer. Dukungan aktif dari keluarga sangat diperlukan karena dari dukungan tersebut mampu memotivasi pasien hipertensi untuk dapat mengendalikan tekanan darahnya, dari pemantauan tersebut akan mencegah kemungkinan masalah kesehatan lainnya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari asuhan kepeirawaitan pada keluarga yang mengalami hipertensi dengan defisit pengetahuan. Jenis penelitian ini adalah obsevasional dengan pendekatan studi kasus yang focus pada asuhan keperawatan. Populasi pada penelitian ini yaitu 3 keluarga yang mengalami hipertensi di Karangpring. Hasil penelitian ini yaitu pengetahuan keluarga meningkat dan tekanan darah klien menurun setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 minggu. Tensi awal Ny. P 180/100 mmHg setelah intervensi 160/90 mmHg. Tensi awal Tn.T 170/100 mmHg setelah intervensi 150/90 mmHg. Tensi awal Ny. A 150/100 mmHg setelah intervensi 130/80 mmHg. Oleh karena itu penting bagi keluarga untuk mendampingi, memberi dukungan dan membantu keluarga yang sakit, terutama ketika keluarga mengalami hipertensi. Keluarga juga bisa meneruskan mengonsumsi rebusan air pandan wangi ketika hipertensinya kambuh sebanyak 1-2x sehari di waktu pagi dan sore hari.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Elfira Damayanti
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmuji, AsmujiNIDN0015067201
Contact Email Address: elfiradamayanti64@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:11
Last Modified: 31 Jul 2024 02:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22843

Actions (login required)

View Item View Item