Eco-literacy Dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Pembelian Produk Ramah Lingkungan

Sugiantoro, Tsamara Muthiah (2024) Eco-literacy Dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (623kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (650kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy

Abstract

Eco-literacy memiliki cukup pengaruh untuk memotivasi konsumen agar membeli produk yang lebih ramah lingkungan. Ekoliterasi dalam perannya untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli produk ramah lingkungan, memberikan mereka pengetahuan mengenai pelestarian alam, dan menumbuhkan sikap bertanggung jawab. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran dan pengaruh dari ekoliterasi terhadap intensi pembelian produk ramah lingkungan, khususnya pada konsumen muda atau generasi Z yang pada saat ini mendominasi pasar. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian sebanyak 460 mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember yang dikumpulkan dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Green Purchase Intention Questionnaire untuk mengukur intensi pembelian produk ramah lingkungan dan Eco-literacy Questionnaire untuk mengukur tingkat ekoliterasi yang dimiliki responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji analisis korelasi Spearman’s rank, hal ini dikarenakan hasil uji asumsi menunjukkan distribusi data yang tidak normal dan tidak linear. Hasil analisis korelasi Spearman’s rank menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan positif dari ekoliterasi terhadap intensi pembelian produk ramah lingkungan pada mahaiswa atau konsumen muda (r=0.232; p < 0.05). Hasil tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi ekoliterasi yang dimiliki individu maka intensi pembelian produk ramah lingkungannya akan meningkat. Hasil uji deskriptif juga menunjukkan bahwa tingkat ecoliteracy dan intensi dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember tinggi. Namun, hasil penelitian hanya menggambarkan kondisi pada populasi yang digunakan dalam penelitian. Oleh karena itu, saran untuk peneliti selanjunya adalah untuk memperluas wilayah atau jangkauan subjek penelitian sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasi pada cakupan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Intensi Pembelian; Ekoliterasi; Gen Z
Subjects: 300 Social Science > 380 Commerce, Communications, Transportation > 381 Commerce, Trade
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Tsamara Muthiah Sugiantoro
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorNur'Aini, SitiNIDN0012027701
Thesis advisorLaili, JanuariyaNIDN0715019601
Contact Email Address: tsamara.sugiantoro@gmail.com
Date Deposited: 08 Jan 2025 07:20
Last Modified: 08 Jan 2025 07:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23756

Actions (login required)

View Item View Item