Analisis Pemasaran Tomat (Solanum Lycopersium) di Desa Seletreng Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo
Febrian, Bagus Reza (2025) Analisis Pemasaran Tomat (Solanum Lycopersium) di Desa Seletreng Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
3. BAB I (1).pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (737kB) |
![]() |
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (961kB) | Request a copy |
Abstract
Pemasaran pada prinsipnya adalah aliran barang dari produsen kepada
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaiman saluran
pemasaran tomat yang digunakan, 2) mengetahui margin pemasaran, 3)
menentukan efisiensi pemasaran. Metode penelitian ini yaitu analisis deksriptif
dan analisis kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu Desa
Seletreng, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Teknik pengambilan
sampel menggunakan total sampling dan snowball sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 43 petani dan 8 lembaga pemasaran. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1.) terdapat tiga saluran pemasaran tomat diantaranya yaitu
pola saluran I tingkat = Petani - Pengepul - Konsumen, pola saluran II tingkat =
Petani - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer – Konsumen, pola saluran III
tingkat = Petani – Pengepul – Pedagang besar – Pedagang pengecer – Konsumen,
2) Margin pemasaran setiap pola pemasaran memiliki perbedaan yaitu pada pola
saluran pemasaran pertama memiliki margin sebesar Rp.2.000/kg, pada saluran
pemasaran kedua sebesar Rp. 5.000/kg dan pada saluran pemasaran ketiga sebesar
Rp. 6.000/kg 3) efisiensi pemasaran pada setiap pola saluran pemasaran yang
lebih efisien terdapat pada saluran pemasaran I tingkat dengan nilai farmer share
sebesar 81,81%, pada saluran pemasaran II tingkat dengan nilai farmer share
sebesar 66,66%, dan pada saluran pemasaran III tingkat sebesar 60%, maka
saluran pemasaran I tingkat, II tingkat, dan III tingkat semuanya dikatakan efisien.
Kata Kunci : efisiensi, margin, saluran pemasaran
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHadi, SyamsulNIDN0715037001Dosen PembimbingAulia, Anisa NurinaNIDN0705039103
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kata Kunci : efisiensi, margin, saluran pemasaran |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) |
Depositing User: | Bagus Reza Febrian | rezamadrid00@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:20 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:20 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24518 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |