Analisis Pemasaran Tomat (Solanum Lycopersium) di Desa Seletreng Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo



Febrian, Bagus Reza (2025) Analisis Pemasaran Tomat (Solanum Lycopersium) di Desa Seletreng Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of 3. BAB I (1).pdf] Text
3. BAB I (1).pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (737kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB) | Request a copy

Abstract

Pemasaran pada prinsipnya adalah aliran barang dari produsen kepada
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaiman saluran
pemasaran tomat yang digunakan, 2) mengetahui margin pemasaran, 3)
menentukan efisiensi pemasaran. Metode penelitian ini yaitu analisis deksriptif
dan analisis kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu Desa
Seletreng, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Teknik pengambilan
sampel menggunakan total sampling dan snowball sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 43 petani dan 8 lembaga pemasaran. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1.) terdapat tiga saluran pemasaran tomat diantaranya yaitu
pola saluran I tingkat = Petani - Pengepul - Konsumen, pola saluran II tingkat =
Petani - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer – Konsumen, pola saluran III
tingkat = Petani – Pengepul – Pedagang besar – Pedagang pengecer – Konsumen,
2) Margin pemasaran setiap pola pemasaran memiliki perbedaan yaitu pada pola
saluran pemasaran pertama memiliki margin sebesar Rp.2.000/kg, pada saluran
pemasaran kedua sebesar Rp. 5.000/kg dan pada saluran pemasaran ketiga sebesar
Rp. 6.000/kg 3) efisiensi pemasaran pada setiap pola saluran pemasaran yang
lebih efisien terdapat pada saluran pemasaran I tingkat dengan nilai farmer share
sebesar 81,81%, pada saluran pemasaran II tingkat dengan nilai farmer share
sebesar 66,66%, dan pada saluran pemasaran III tingkat sebesar 60%, maka
saluran pemasaran I tingkat, II tingkat, dan III tingkat semuanya dikatakan efisien.
Kata Kunci : efisiensi, margin, saluran pemasaran

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Hadi, Syamsul
NIDN0715037001
Dosen Pembimbing
Aulia, Anisa Nurina
NIDN0705039103

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata Kunci : efisiensi, margin, saluran pemasaran
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Bagus Reza Febrian | rezamadrid00@gmail.com
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:20
Last Modified: 11 Mar 2025 06:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24518

Actions (login required)

View Item View Item