Eksplorasi Pengalaman Guru dan Siswa dalam Implementasi Literasi Keuangan di Sekolah Menengah Pertama di Jember: Sebuah Pendekatan Grounded Theory



Ristantri, Citra Dwi (2025) Eksplorasi Pengalaman Guru dan Siswa dalam Implementasi Literasi Keuangan di Sekolah Menengah Pertama di Jember: Sebuah Pendekatan Grounded Theory. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN (1).pdf] Text
A. PENDAHULUAN (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK (1).pdf] Text
B. ABSTRAK (1).pdf

Download (644kB)
[thumbnail of C. BAB I (1).pdf] Text
C. BAB I (1).pdf

Download (630kB)
[thumbnail of D. BAB II (1).pdf] Text
D. BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III (1).pdf] Text
E. BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV (1).pdf] Text
F. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V (1).pdf] Text
G. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (631kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN (1).pdf] Text
I. LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman guru dan siswa dalamimplementasi literasi keuangan disekolah. Metode yang digunakan dalampenelitianini
adalah penelitian kualitatif dengan metode Grounded Theory, yang bertujuan untukmengeksplorasi secara mendalam pengalaman guru dan siswa dalamimplementasi
literasi keuangan di sekolah.. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dandokumentasi melalui informan. Hasil penelitian implementasi literasi keuangandi
sekolah menengah pertama tidak hanya bergantung pada materi ajar yang diberikan, tetapi juga pada metode pengajaran yang interaktif, dukungan kebijakan dan sumber
daya sekolah, serta keterlibatan keluarga dalam membentuk kebiasaan keuangan siswa. Oleh karena itu, untuk menciptakan generasi muda yang memiliki literasi keuanganyang baik, perlu adanya pendekatan holistik yang melibatkan berbagai pihak, termasukguru, sekolah, orang tua, dan lingkungan sosial siswa. Secara keseluruhan Model
konseptual yang dikembangkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi
literasi keuangan di SMP tidak dapat berdiri sendiri, tetapi membutuhkan dukungandari
berbagai pihak, termasuk sekolah, keluarga, dan lingkungan sosial.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Cahyono, Dwi
NIDN0720117001
Dosen Pembimbing
Santoso, Budi
NIDN0709107301

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Grounded Theory, Liretasi Keuangan, Sekolah
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Citra Dwi Ristantri | citraristrantri10@guru.smp.belajar.id
Date Deposited: 11 Apr 2025 02:11
Last Modified: 11 Apr 2025 02:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24596

Actions (login required)

View Item View Item