Eksplorasi Pengalaman Guru dan Siswa dalam Implementasi Literasi Keuangan di Sekolah Menengah Pertama di Jember: Sebuah Pendekatan Grounded Theory
Ristantri, Citra Dwi (2025) Eksplorasi Pengalaman Guru dan Siswa dalam Implementasi Literasi Keuangan di Sekolah Menengah Pertama di Jember: Sebuah Pendekatan Grounded Theory. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK (1).pdf Download (644kB) |
![]() |
Text
C. BAB I (1).pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
D. BAB II (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman guru dan siswa dalamimplementasi literasi keuangan disekolah. Metode yang digunakan dalampenelitianini
adalah penelitian kualitatif dengan metode Grounded Theory, yang bertujuan untukmengeksplorasi secara mendalam pengalaman guru dan siswa dalamimplementasi
literasi keuangan di sekolah.. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dandokumentasi melalui informan. Hasil penelitian implementasi literasi keuangandi
sekolah menengah pertama tidak hanya bergantung pada materi ajar yang diberikan, tetapi juga pada metode pengajaran yang interaktif, dukungan kebijakan dan sumber
daya sekolah, serta keterlibatan keluarga dalam membentuk kebiasaan keuangan siswa. Oleh karena itu, untuk menciptakan generasi muda yang memiliki literasi keuanganyang baik, perlu adanya pendekatan holistik yang melibatkan berbagai pihak, termasukguru, sekolah, orang tua, dan lingkungan sosial siswa. Secara keseluruhan Model
konseptual yang dikembangkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi
literasi keuangan di SMP tidak dapat berdiri sendiri, tetapi membutuhkan dukungandari
berbagai pihak, termasuk sekolah, keluarga, dan lingkungan sosial.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingCahyono, DwiNIDN0720117001Dosen PembimbingSantoso, BudiNIDN0709107301
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Grounded Theory, Liretasi Keuangan, Sekolah |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Citra Dwi Ristantri | citraristrantri10@guru.smp.belajar.id |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 02:11 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 02:11 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |