Pengembangan Modul Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Solving
Rahayu, Sugesti (2025) Pengembangan Modul Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Solving. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (16MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul ajar berbasis problem solving melalui pemahaman pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang melalui tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Pelaksanaan penelitian di kelas X4 SMAN 1 Cluring berjumlah 32 peserta didik.
Hasil penelitian ini ditinjau dari kevalidan dan keefisienan produk. Kevalidan produk diperoleh dari nilai rata-rata yang diberikan oleh 3 validator pada angket validasi sebesar 89,7 masuk pada interval >81 dengan kriteris sangat valid. Sedangkan keefisienan produk diperoleh dari nilai rata-rata yang diberikan oleh responden melalui tahap uji coba skala kecil dengan jumlah responden sebanyak 5 siswa yang memperoleh nilai 82 masuk dalam interval 70,01 – 85 dengan kategori efisien. Sedangkan uji coba skala besar dengan jumlah responden sebanyak 32 siswa memperoleh nilai 94,5 masuk dalam interval >85,01 dengan kategori sangat efisien. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti berupa modul ajar sangat valid, sangat efisien, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingAH, Nurul ImamahNIDN0712048506Dosen PembimbingAgustina, LadyNIDN0722088102
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Modul Ajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Problem Solving |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Sugesti Rahayu | 9c.gesthi32@gmail.com |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 01:10 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 01:11 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |