Pengembangan Modul Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Solving



Rahayu, Sugesti (2025) Pengembangan Modul Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Solving. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (16MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/5840

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul ajar berbasis problem solving melalui pemahaman pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang melalui tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Pelaksanaan penelitian di kelas X4 SMAN 1 Cluring berjumlah 32 peserta didik.
Hasil penelitian ini ditinjau dari kevalidan dan keefisienan produk. Kevalidan produk diperoleh dari nilai rata-rata yang diberikan oleh 3 validator pada angket validasi sebesar 89,7 masuk pada interval >81 dengan kriteris sangat valid. Sedangkan keefisienan produk diperoleh dari nilai rata-rata yang diberikan oleh responden melalui tahap uji coba skala kecil dengan jumlah responden sebanyak 5 siswa yang memperoleh nilai 82 masuk dalam interval 70,01 – 85 dengan kategori efisien. Sedangkan uji coba skala besar dengan jumlah responden sebanyak 32 siswa memperoleh nilai 94,5 masuk dalam interval >85,01 dengan kategori sangat efisien. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti berupa modul ajar sangat valid, sangat efisien, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
AH, Nurul Imamah
NIDN0712048506
Dosen Pembimbing
Agustina, Lady
NIDN0722088102

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Modul Ajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Problem Solving
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Sugesti Rahayu | 9c.gesthi32@gmail.com
Date Deposited: 03 Jun 2025 01:10
Last Modified: 03 Jun 2025 01:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25051

Actions (login required)

View Item View Item