PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PUISI KELAS XI SMA



Purwati, Jheny Endah (2025) PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PUISI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menulis puisi sering kali menjadi tantangan bagi siswa karena terbatasnya kosakata, kurangnya ide, serta minimnya kepercayaan diri dalam mengekspresikan diri. Di SMAN Kalisat Jember, permasalahan tersebut terlihat dari kesulitan siswa dalam menentukan diksi dan mengembangkan gagasan saat menulis puisi. Hal ini diperparah oleh pendekatan pembelajaran yang monoton dan berfokus pada buku teks.

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas XI, dan bagaimana hasil penulisan puisi melalui penerapan teknik akrostik yang dibuat oleh siswa kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas XI, serta mendeskripsikan hasil penulisan puisi yang dihasilkan siswa melalui penerapan teknik akrostik tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini terdapat prosedur penelitian yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN Kalisat Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas siswa, tes kemampuan menulis puisi sebelum dan sesudah tindakan, serta dokumentasi hasil karya siswa. Metode ini digunakan untuk melihat efektivitas penerapan teknik akrostik dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis puisi.

Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terhadap siswa kelas XI di SMAN Kalisat Jember, ditemukan bahwa penerapan teknik akrostik mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek konsistensi judul, pemilihan diksi, ekspresi kreatif, gaya bahasa, dan struktur puisi. Setelah penerapan teknik ini, sebanyak 90% siswa mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan kategori sangat baik dan baik, membuktikan bahwa teknik akrostik efektif digunakan sebagai metode pembelajaran puisi yang dapat memicu daya imajinatif dan ekspresif siswa secara terstruktur dan menyenangkan.

Berdasarkan hasil penelitian, penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran puisi di kelas XI SMA terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa. Teknik ini memudahkan siswa menemukan ide, memperkaya kosakata, dan menyusun puisi dengan struktur yang lebih terarah, sehingga mereka lebih percaya diri dan termotivasi dalam menulis puisi. Dengan demikian, teknik akrostik dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang inovatif untuk mengatasi kendala siswa dalam menulis puisi serta mendorong pengembangan potensi kreatif mereka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Mijianti, Yerry
nidn0709108101
UNSPECIFIED
MUBAROQ, SYAHRUL
NIDN0708088804

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Teknik Akrostik, Keterampilan Menulis, Kreativitas Pembelajaran, Puisi
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Jheny Endah Purwati | jhenyendah09@gmail.com
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:36
Last Modified: 18 Jun 2025 07:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item View Item